WE ARE RAIN!!! Al-Kahfi Ph Unand Gen. Al-Qindi

HAI... HAI... maaf masih sok eksis aja nih... oh iya kemarin rencananya mau menguraikan kisah tentang sahabat terbaik, tapi dipending dulu yak, karena ada beberapa file yang kurang lengkap... hihihi.
Okee sekarang, aku pengen bercerita tentang unit kegiatan mahasiswa yang kece di kampus FKM UNAND yaitu, Al-Kahfi Public Health Unand.
Sebenarnya tulisan ini muncul karena buntu ngerjain proposal skripsi #ups (hanya tugas) eh, tiba-tiba keinget mereka-mereka ini.
Kali ini aku nggak ingin bercerita tentang apa itu al-kahfi, sejarahnya daaaannn lain-lain, tapi hanya ingin share aja tentang kisah selama di UKM ini terutama pada Biro HUJAN.
HUJAN? Apa itu hujan?


Hujan rintik rintik datang air datang air datang petir datang petir. Pelangi pelangi (lupa jargon)
Bukan itu ya, bukan hujanyang mengandung air. Tapi ini adalah Biro Hubungan dan Jaringan di Al-Kahfi. Yaa, kerjaannya nggak jauh jauh kok dari laptop, kamera dan gadget. Design ini design itu, rancang ini rancang itu, dekor ini dekor itu, foto ini foto itu, share ini share itu dan kepoin ini dan itu (ups ketahuan).  Istilahnya pubdok abadinya Al-Kahfi. Dibiro ini kunci suksesnya syiar dan dakwah islam di kampus FKM terutama pada medsos.
Nah, awalnya nggak mau nih mengemban amanah buat mengkoordinir semuanya, termasuk menyatukan kepala orang orang ini. (febi, mia, ayu, syukri dan fauzan). yang kenal yaa Cuma febi sama mia karena satu angkatan, nah ayu, fauzan dan syukri (angkatan 2013) belum kenal sama sekali dan parahnya lagi, aku tipe orang yang susah untuk membuka pembicaraan dengan orang baru, kesannya awawad gitu... Apalagi Ayu dan terlebih Syukri yang pendiaaammnyaa minta ampun. Sempat mengumpat, nangis dan garuk garuk kepala serta dinding gara-gara nggk pengen nerima posisi berat ini. Pengalaman belum seberapa disuruh mengkoordinir HUJAN selama satu tahun kepenurusan, belum lagi tugasnya nggak main-main, dakwah lho dakwah. Salah salah bisa berabe. Tapi selalu sajaa hati ini dikuatkan oleh Allah, walaupun sempat beberapa kali menghindar dari kepengurusan ini, tapi tetap saja suara hati ngatakan 

“TETAPLAH BERTAHAN UT, BUKAN MEREKA YANG MEMILIH, TAPI ALLAH MEMPERCAYAKAN KEPADAMU”

Setelah ditelisik masing-masing kepribadian febi, mia, ayu, syukri dan fauzan secara mendalam, beruntung mereka memiliki pemikiran yang sama.
Kalau rapat nggak perlu sering,, yang penting proker jalan. Bertemu nggak perlu setiap minggu, yang penting kami tetap kompak dan asik kalau ngumpul. Rapat nggak perlu resmi resmi banget, yang penting nggak stress. Yang penting adalah mengedepankan hak asasi sebagai anggota UKM yang memiliki kesibukan masing-masing. Jadi, kalau udah urgent baru rapat, kalo nggak, via sms aja yang penting “PROKER JALAN”. Dan alhamdulillahnya lagi, ada beberapa proker kami yang melebihi target, walaupun nggak seberapa, tapi dengan kinerja yang saya akui terlalu santai ini perlu diberi applouse... hihihihi
Beranggotakan, aku sendiri yang sering marah-marah sama anak-anak terutama Fauzan yang terkadang bikin kesel, dan sering pelupa dengan proker HUJAN sendiri karena terlalu banyaknya (Hujan rintik, pelangi, petir, topan, awan, rinai, badai, dll). Dan hobinya minta rapat pagi pagii banget dan sangat menyiksa febi dan fauzan. hahaha maafkan teman dan adikku. Seringkali pusing sendiri, panikan tak terkontrol serta emosian dan suka curcol sendiri kalo lagi dapat tekanan dari atasan #eh. Tapi mereka selalu jadi pendengar yang baik.

Lalu mia sebagai bendahara. Paling nyesek kalo mia udah menyebutkan nominal hutang serta denda masing-masing. Catatan kas memang berantakan letaknya, tapi mia ngitungnya teliti. Korbannya tetap, Fauzan karena keseringan ngutang. Mia ini anak neotelemetri unand, jadi keren gitu, selaras lah sama HUJAN. Kalo konsultasi soft dan hardwre sama mia aja... Tangguh banget karena setiap minggu mesti bolak balik unand limaumanis dan unand jati karena amanahnya itu.
Ada febi sebagai sekretaris yang selalu mengingatkan saat penyakit pelupa mendera. Febi ini loyalitasnya tinggi lho, walaupun rumahnya jauh, di SITEBA sana, tapi kalo rapat jam 6.45 dia tetap usahakan hadir tepat waktu walaupun sering didera macet. Febi tegas kalo udah berkaitan dengan mading, bahan bahan mading febi yang ngumpulin dan bantuin nempel. Tapi walaupun febi udah kayak gitu, tapi madingnya sering copot karena madingnya galau. Kalau datang badai, langsung deh copot satu persatu, udah deh mading alkahfi kesannya nggak aktif, padahal... (?)
Ayuu, cewek berkacamata satu ini jago design. Awalnya sulit banget sama ayu, setiap ditanya ini itu “ndak bisa ayu do kak” “ndak ngarati ayu do kak”, bingung... tapi seirang berjalannya waktu ayu muncul dengan jawaban “oke kak”, “sip kak” hehe. Selalu siaga untuk diminta tolong mendesign sesuatu yang bersifat urgent. Ayu loyal banget, ontime kalo rapat (jadi malu). Tapi terkadang sering ngilang kalo lagi butuh butuh butuh banget, apalagi acara yang diangkatkan HUJAN T,T. Pesan buat Ayu, tetap jaga kesehatannya ya...
Next ada adik kita yang paliiingg kecil, SYUKRI... Haha, awalnya ya itu, ini anak mau diapain ya, ditanyain senyum senyum aja, terus diam, pas sekalinya bicara, kami mulai menyimak dengan seksama dia malah bilang “eh ndak jadi do kak” awawad net net ni haa... tapi, perlahan mulai mulai syukri berlatih #cieee membuka suara. Tetap pendiam, tapi sekali ia bicara, waaahh ide yang dimunculkannya sangaaat cemerlang. Mata kami berbinar-binar. Saat kebuntuan melanda, datanglah syukri membuka mata dan pikiran tentang sebuah ide yang tak terbayangkan sebelumnya. Dan ternyata dia jago design, ngakunya nggak bisa, tapi sekali diajarin wiiihh hasilnya... Bravo syuk!!! Semoga syuk lebih pede kedepannya yak, “let it flow syuk”!!!
Last, ada fauzan, entah kenapa dia jadi bagian hujan (eh). Tapi kalo nggak ada anak ini, hujan nggak rame dan nggak ada jadi bahan bully. Adik satu ini pemalasnya minta ampun, rapat jam 7, datang jam 8. Bikin emosi aja. Siapa suruh kos jauh jauh di unand atas dek... Paling sering kena marah, kena tatar dan pelampiasan amarah ku. Haha (bercanda zan) tapi untuk komik, paling ontime ngumpulinnya. Yaiyalah, dirapel. (komik untuk ditempel dimading selama periode satu bulan diprint sekaligus, jadi dia merasa bebas tugas. Tapi overall kalo dikasih tanggung jawab dikerjain, kecuali buku tahunan). Pesan buat fauzan : semoga ditempatkan dipilihan yang terbaik yak, semangat buat keinginan yang lagi diperjuangkan.
Dariiii setahun kepengurusan, akhirnya kami bisa juga Q-time untuk pertama kalinya, parahnya lagi ngumpul kayak gini terwujud setelah menjadi ex-hujan. Parah ngetzz. Tapii, yaaa itulah kami, paling santai dan cuek abis...
Semangat buat syukri dan ayu buat kepengurusan Hujan sekarang, buatlah hujan lebih baik dari sebelumnya yaa... ingat, kita bekerja bukan karena proker, tapi untuk dakwah. Manfaatnya bukan hanya untuk masyarakat kampus, tapi juga untuk kita semua.
Terimakasih sudah menemani dan saling bekerja sama selama di HUJAN Al-Kahfi Generasi Al-Qindi periode 2013-2014, kalau nggak dengan kalian, aku nggak akan pernah merasakan bagaimana rasanya memimpin dan dipimpin, kalian juga mengajarkan bagaimana selayaknya mengemban amanah itu. Makasih sudah rela buat jadi lampiasan marah-marah ku kawan dan adik-adik semua. Tapi yakinlah, sesungguhnya itu bukan marah, tapi yaa ekspresi terlalu bahagia saja. Hihihi. Tetap berikan yang terbaik dimanapun apapun yang dipercayakan kepada kita. Semoga selama dihujan mendapat ilmu-ilmu yang bermanfaat dan bisa juga dishare kepada orang lain.
Tak salah, UKM ini dinamakan UKM Al-Lajnah Ukhuwah Fii Sabilillah (al-kahfi), karena disini kita bekerja, mengabdi dengan dasar persaudaraan, dilandasi dengan niat ikhlas tanpa ada tuntutan apapun karena semuanya untuk jalan Allah.
JAZAKUMULLAH YA AKHI YA UKHTI, HAMASAH HAMASAH HAMASAH!


Komentar

Postingan Populer