PENGALAMAN SKB CAT KESEHATAN MASYARAKAT DAN WAWANCARA CPNS 2018

Sebelumnya saya sudah kasih kalian pandangan terkait pengalaman saya menjalani SKD, sekarang saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman saya mempersiapkan dan melaksanakan SKB.

Baca juga pengalaman saya di tes SKD https://catatanutary.blogspot.com/2019/02/pengalaman-tes-cpns-2018-1.html

Karena saya apply untuk formasi di pusat, maka tes SKB yang saya jalani tidak hanya CAT tpi juga wawancara, beberapa teman yang di pusat juga ada yang tes psikometri dan psikotes lanjutan, tergantung kepada kebijkan instansi masing-masing.

Basic SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT dengan pemintan Gizi Masyarakat dan hal ini sangat sesuai dengan formasi yang saya lamar maka saya harus kembali membuka bahan kuliah dan mempelajari isu2 penting terkait kesehatan dan kaitannya dengan gizi.

Saya mempersiapkan hal ini fokus di 2 minggu menjelang tes. Karena kesibukan dan juga pengumuman hasil SKD yang terhitung lama, alhasil saya sedikit terlena dengan waktu luang. Jangan ditiru yaa teman teman. Jika nanti kalian tes SKD dan sudah melewati passing grade kalian harus secepatnya bersiap untuk tes SKB dan melatih diri kain semaksimal mungkin.

Saya mengawali belajar dari ilmu dasar hingga mengerucut ke permasalahan gizi masyarakat. Hal yang pertama saya lakukan adalah memetakan soal. Pemetaan ini saya lakukan setelah membaca testimoni dari anak2 Kesmas yang sudah mengikuti tes SKB dan sharing pengalaman di Kaskus atau telegram. Yang perlu kalian dalami untuk bidang Kesmas adalah :

1. Dasar hukum (UU,PP,Perpres, Permenkes, dll)
2. Materi dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat
3. Materi dasar formasi yang di Apply
4. Isu terkini terkait kesehatan masyarakat
5. Latih soal UKOM
6. Dasar hukum dan program dari Instansi dan Departemen yang kamu apply
7. Visi Misi instansi dan tupoksinya

Hal ini yang saya petakan untuk dibaca masing-masingnya. Tidak perlu dihapalkan, tapi cukup dipahami dan diresapi. Karena materi yang lumayan banyak maka tidak mungkin hal itu kalian persiapkan dalam 2 minggu.

Setelah itu juga saya browsing terkait soal-soal apa saja yang akan sering muncul ketika ujian. Dan hal ini sangat sulit saya dapatkan. Saya akan share disini bagaimana tipe soal yang saya hadapi.

Saya apply untuk Analis Gizi dan kalian tahu soal pertama yang saya temukan adalah visi misi dari Kemenkes. Padahal saya tidak apply di instansi tersebut. PHBS dan Germas merupakan inti dari 60 soal pertama selain itu juga keluar program-program pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesmas di Indonesia. Untuk 40 soal berikutnya saya disuguhkn soal berbau gizi klinik seperti kadar infus, jenis2 penyaluran makanan, pola asuh diet, vitamin dan mineral dan soal-soal hitungan yang sebelumnya saya tidak pernah belajar hal itu.

Hal ini membuat saya kaget, tapi untungnya saya cepat mengembalikan fokus kembali. Walaupun penuh dengan keraguan, saya tetap mengerjakannya dengan cara terbaik.

Apa yang saya pelajari sebelumnya hanya segelintir yang keluar semua diluar ekspetasi. Tapi ketenangan itu yang membantu saya lancar dalam melaksanakan SKB untuk hasil semuanya saya serahkan ke Tuhan.

Sehari berikutnya, saya mengikuti tes wawancara. Saat itu saya diwawancarai oleh 2 orang Eselon 2 di Instansi tersebut. Saya ditanyai hal-hal terkait Nasionalisme dan Patriotisme serta hal-hal teknis terkait isntansi, seperti visi misi, pekerjaan apa yang akan saya hadapi dan terakhir ada sesi tes praktek untuk melihat seberapa jauh kemampuan kita dalam menggunakan Pc atau softwere pengolah data. Ada yang disuruh untuk menyanyikan lagu nasional, membacakan Pancasila dan juga wawancara menggunakan bahasa inggris. So kalian harus mempersiapkan diri dan mental.

Yang perlu kalian persiapkan dalam hal mental adalah perbanyak do'a dan latihan wawancara 2 arah bersama teman agar terlatih dalam berbicara. Selain itu, sebelum hari tes jangan begadang dan jangan belajar terlalu keras karena akan membuat kalian gugup saat tes. Jika ingin belajar jauh hari sebelum itu, jangan gunakan sistem kebut semalam jika kalian ingin sukses saat tes.

Setelah rangkaian tes yang panjang, akhirnya saat yang ditunggu adalah menunggu hasil terakhir keluar. Apapun hasilnya, saya tidak akan menyesal parah, karena apa. Karena saya sudah mengupayakan yang terbaik dari diri saya, usaha yang saya lakukan sudah melewati zona nyaman dan do'a juga sudah saya tebarkan agar dapat menembus langit.

Ingatlah teman-teman, apapun yang kalian lakukan hari ini dan masa lalu telah membentuk berjuta anak tangga menuju hadiah terindah dari Tuhan. Apakah kalian ingin berhenti ketika gagal atau lelah. TIDAK itu bukan pilihan. Yang harus kalian lakukan adalah lihat kebelakang kembali, berapa banyak hal sulit yang telah kalian lewati ikuti kembali kenapa gagal dimana letak kesalahan, perbaiki lalu bentuk berjuta anak tangga lainnya hingga lelah mu terasa tak berarti lagi dengan hal baik yang kau terima nanti.

Saya bersyukur CPNS tahun 2018 dilaksanakan dengan sangat transparan, berbeda dengan tahun 2017 lalu. Setelah tes kita tahu skor kita dan berapa ranking kita, begitu juga di SKB. Kalian sudah bisa prediksi posisi saingan dan diri kita dimana. Terimakasih BKN dan Kemenpan RB sudah melaksanakan tes CPNS 2018 semakin baik dan mudah untuk dipantau.


Utary



Komentar

Postingan Populer