PARE, KAMPUNG INGGRIS (Belajar, Transportasi, Fasilitas, Tempat Makan, dan Wisata)

Hallo semuanya (macam banyak yang baca aja hehe)


http://www.idnportal.com/2016/05/ke-kediri-ini-11-wisata-yang-wajib-anda-kunjungi-ketika-liburan.html
Setelah sekian lama vacum buat nulis sekarang niat buat nulis lagi muncul nih. Kali ini aku akan cerita tentang pengalaman ku di Pare. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber berguna bagi pembaca yang serach tentang Pare.

Sedikit tentang PARE. Pare adalah sebuah kecamatan di Kediri yang akses nya itu deket ke objek wisata di Jawa Timur (Batu, Malang, Bromo, Surabaya, Blitar, Jombang dll). Daerahnya lumayan panas, kalo menurut aku hawanya panas Pare dibanding kota Padang. Bagaimana menurut teman teman yang udah kesana?

Pare disebut juga dengan kampung inggris. Bukan berarti disini banyak bule barat yaa. Malah kalo kalian kesini bule barat sangat jarang terlihat. Kebetulan aku kesana di awal januari hingga akhir februari, nggak lagi zaman libur juga. Tapi mungkin bule nya muncul di zaman liburan kali ya. Hehe, i dont know well. Tapi kalo kalian beranggapan orang daerah sini bisa bahasa inggis itu tepat sekali. Walaupun ga semuanya, tapi kebanyakan pada bisa, apalagi yang bermukim disekitar wilayah kursus. Dari mas tukang jualan pentol, bubur ayam, warung klontong, mini market, warung nasi, tukang becak sampai ke penjaga masjid. Hebat kan! Jadi ga salah kalo Pare dinobatkan sebagai kampung inggris, karena daerah ini sangat tepat sekali untuk kalian yang mau expert dalam bahasa inggris, mulai dari conversation biasa, public speaking, writing, listening dll. Sesuaikan dengan tujuan kalian masing masing. Yang jelas daerah ini sangat mendukung kalian untuk bisa mahir dalam berbahasa inggris. Eits, jangan salah Pare bukan hanya untuk bahasa inggris aja lho. Tapi juga ada kursus untuk bahasa asing lainnya seperti Arab, Mandarin dan Jerman.

Disini isinya bukan hanya turis domestik saja, tapi banyak juga turis Asia, (Malaisya, Thailand, Arab, Oman dll) jadi selain bisa bergaul dengan teman2 dari seluruh Indonesia disini, kita juga bisa berteman dengan teman2 dari Asia khususnya ASEAN.

Transportasi menuju Pare 

Ke Pare itu banyak cara teman teman. Mulai dengan pesawat udara, sampai transportasi darat. Kalo aku kemarin berangkat dari Jakarta menuju Pare menggunakan transportasi darat yaitu kereta Api. Aku lebih prefer naik kereta api bagi teman teman yang menggunakan jalur darat. Karena nyaman aja dan ga macet.

Kalo naik kereta api, kalian bisa naik dari Senen (KA Ekonomi) menuju Stasiun Kediri. Harganya variatif, berkisar dari harga Rp. 84.000 - Rp. 260.000, atau yang eksekutif boleh juga (St. Gsmbir) dari survei harganya ada dari Rp. 150000 - Rp 550.000. Tergantung nanti kalian mau pilih yang mana. Kalo dari St. Kediri teman teman bisa naik Travel, Ojek, Atau Angkot. Kalo aku kemarin naik Angkot Pare. dari St. Kediri ada sekitar 30 menit - 1 jam lah kalo macet. Tapi ga macet kayak Jakarta hehe.

Untuk sampai ke tpt Angkot, kita harus jalan kaki ke arah Kediri Town Square, atau naik Becak atau Ojek ke tempat Angkotnya mangkal. Biaya naik Ojek atau becak sama, waktu itu aku naik becak Rp.10.000 per orang. Karena aku bawa koper aku kasih lebih bapaknya. Setelah itu naik angkot Arak Pare, bayarnya 25 Ribu (udah sama upah angkat barang). Angkotnya kayak angkot pada umumnya. Nanti kita bisa request mau diturunin dimana, biasanya dia bakal nurunin penumpang yang ke Jl. Brawijaya, Pare dulu.

Kalo naik peswat bisa dari Bandar udara Internasional Djuanda. Nanti dari sana bisa naik travel ke Pare. Biasanya ada agen2 yang nawari di Bandara untuk ke pare (kata teman) berhubung Pare salah satu destinasi wisata di Jatim :)

Note : ini ada nomor Hp Bapak Angkot Pare, 082331598372 semoga masih aktif ya.


Kursus di Pare

Setibanya di Pare, kalian jangan kelimpungan. Harus dipersiapkan sebelumnya kalo memang niat belajar bahasa disini.
Ada beberapa link universal yang bisa kalian cek untuk reverensi kamu untuk memilih tempat kursus yang banyak banget dan berkualitas di Pare. Kalian juga bisa liat referensinya dan testimoni dari alumni alumninya. Dan yang pasti dalam memilih tempat kursus kalian harus sesuaikan dengan TUJUAN, BUDGET, VISI MISI. 

Beda beda tempat kursus disini ada yang khusus buat grammar, vocab aja, ada khusus speaking ada khusus Toefl, IELTS, TOEIC, dll. Kalian bisa milih  salah satu atau di combine. Biaya kursus disini terjangkau, ada yang 20000 per minggu, 45 ribu per bulan ada yang jutaan.

Fasilitasnya juga banyak. Ada yang pake dorm, ada yang engga. Tergantung kalian minat yang mana. Disini kos kosan banyak dan murah murah, sudah dengan fasilitas umum (tempat tidur, lemari, listrik, air) dari yang murah smpai eksekutif pake ac, toilet didalam, pake dapur dll. Banyak sekali.

Dan kalian bisa dapat infonya di :
https://www.kampunginggris.in/ (kalo aku pake link yang ini dulu)
www.kampunginggris.id
www.kampung-inggris.com

Belajar dan Pengalaman Di Pare

Kelas Grammar for TOEFL GE Periode 10 Jan 2017

Kelas Vocab for TOEFL Periode 10 Jan 2017

Kelas Speaking 3 GE Periode 10 Jan 2017

Sebulan di Pare itu SERU Banget! Why?

Karena ketemu temen2 yang super inspiratif, membakar semangat, ada yang berawal dari 0 ada pula yang emang udah expert bahasa inggris tapi masih merasa kurang. Nah disini kita menjalin pertemanan dan belajar satu sama lain. Ada yang kuat di writing dan grammar, pada bantuin sampai2 ga inget waktu udah sore aja, atau kepagian banget wkwk. Ada yang expert TOEFL pada bagi bagi materi, tips dan trik nya, ada yang jago Speaking, pada ngelatih teman teman buat bisa spelling dan pronoun yang bener kayak gimana.

Disini juga kalian bisa ketemu temen temen dari berbagai daerah dan negara juga buat belajar bareng. Ga hanya buat belajar, tapi kalian juga bisa saling mengenal keberagaman disini. Rasa cinta tanah air #eaa dan rasa saling menghargai kalian juga bakal dipupuk disini.

Waktu di Pare, aku pribadi pilih program Camp di Global english. Disini para siswa nya ditempatkan dalam satu camp (kos) nanti sembari mengikuti program campnya juga. Di Camp ada dua orang kaka mentor, yang siap bimbing dan bully kalian kalo melanggar atura ncamp. Dan kebetulan untuk camp kita WAJIB berbahasa inggris all day long, except Minggu dan Sabtu dan kalo lagi OTP dengan keluarga. Dan kalo ketahuan berbahasa daerah/ bahasa, kalian bisa dihukum speaking pake TOA di depan jalan Brawijaya, yang super duper Padet dan ramee banget. Bayangin malunya kayak mana.

Setiap subuh jam 5, kami sudah mulai program sampai jam 6. Biasanya materi vocab dan pronoun, nah kalo malam itu lebih ke vocab dan speaking, lebih banyak games dimalam, seru! Dan biasanya juga camp Girls dan Boy itu ada sekali yang di pertemukan, lebih kayak ajang mencari jodoh secara ga langsung gitu (bagi yang mau). dan kita juga ada gathering se-Camp di Global English, ada kayak game dan speaking secara berpasang-pasangan. Waktu itu, camk kami (PAK GENDUT'S CAMP) memilih untuk berpasangan2 dengan sama sama cewe aja. Wkwkwk karena cowonya pada modus.

Bagi kalian yang mau fokus TOEFL juga ada di Elfast Pare, (recomend), writing dan grammar bagus di  Kresna (recomend) Public Speaking bagus di Mr. Bob (recomend). Ini beberapa saran yang aku dapatkan selama di Pare dari teman teman yang sudah merasakan berbagai macam tpt kursus di Pare. Bukan berarti tpt yang lain ga bagus yaa. Tapi ini beberapa tempat yang direkomendasikan kenalan aku selama di Pare. Bagi teman2 yang ada tambahan info bisa dikasih di kolom komen hehehe.

Serunya kalo Camp Pak Gendut itu, strategis, deket kemana2. Karena tempatnya di Jl. Brawijaya bersamaan dg lokasi GE pusat, jadi enak jalan kaki kalo ada kelas, laper tengah malem banyak jajanan di depan, dari pentol, kue leker, jasuke dan banyak lagi yang lain, atau kalo mau makan nasi deket banget, karena pak gendutnya jualan Pecel Ayam yang enak sambelnya hehe.

Kalo di Pare, kita ga ngeliat dimana dia berasal, kuliah dimana, sekolah dimana, anak siapa. Tapi yang membuat kita beberbeda adalah kemampuan bahasa inggris kita. Dan ga usah minder buat berbahasa inggris disini, ga usah malu, karena tempatnya sangat mendukung kalian untuk berkembang lebih baik dan pesat. Disini kalo salah ga diketawain, tapi diajarin, kalo ga PD, dijadiin lebih PD lagi. ga usah takut untuk kekurangan motivasi disini, malah selagi di Pare semangat kita lebih terbakar melihat teman teman yang juga berkembang dan maju bersama.

Tempat Makan di Pare

Kamu ga perlu takut bakal kurus di Pre, karena disini terlalu banyak pilihan makanan dan jajanan. dari yang paling pedas sampai manis, dari jajanan lokal sampai international wihh. Nasi padang yang langsung orang Padang nya masak aja ada, dan itu juga murah cuma 10 ribu! hehe Selama Sebulan makan itu mulu karena kurang cocok ama masakan Jawa, #maklumlidahMinang hehe. Tapi disini juga masakan Jawanya enak-enak dan murah. Ada Dapur Jawa, Sambal Bakoel, Warung AnNur, Ketan Susu (Tansu), Ada Tongkis.

Di Tongkis kamu bisa nognkrong lama wifian, dengan pesen minuman atau makanan yang harganya terjangkau banget. Sore sore juga ada tutor bahasa inggris, kalian hanya cukup pesen cappucino atau es A#ce yang hits banget karena harganya murah dan bikin nagih.

Kalo pagi pagi untuk sarapan, bisa beli bubur ayam di depan GE, ada nasi uduh, nasi goreng juga, dan kebanyakan di Jalan Brawijaya semua. Hehe

Terus dijalan Raya Kediri-Pare itu ada banyak makanan, dan paling bikin kangen itu, MIE DJOEDES. MAntap banget, mie ada level nya, mienya kayak mie pasta, dengan toping jamur, ayam suwir atau pangsit. Pangsitnya enak banget wkwk. Dan harganya murah harga 10 rbu kalian bisa makan puas. Dan ditambah es teh manis yang gede wkwk.



Mie Djodes, Harga Naik seiring naiknya haraga Cabe wkwk

Tapi hati hati bagi yang ga suka pedes, takut nanti Diare karena sambel disini super pedes. Hehehe.

Fasilitas di Pare
Di Pare juga kalian mau nyari apa istilahnya ada.

Misalnya kalian cuma bawa baju. Disini ada rental :
1. Sepeda (80 ribu - 180 ribu per bulan) tergantung kalian milih sepedanya yang mana dan sesuaikan sama budget juga
2. Sewa Motor, biasanya sewa motor ada ditempat sewa sepeda
3. Sewa Kamera (bisa pilih Go-Pro, DSLR (lensa fix atau zoom), kamera digital, tripod
4. Sewa Lapotop, Music Box, PS
5. Sewa Kipas Angin (35 - 50 rbu / bulan)
6. Sewa Rice Cooker
7. Laundry
8. catering
9. Agen Travel yang murah terjangkau
10. Dan masih banyak lagi

Gimana, lengkap to di Pare. Kalian butuh apa ada, jadi ga usah takut hidup mandiri di Pare.

Selain itu, kalo mau ke Pare, kita bisa main kemana aja, deket deket. Waktu itu aku cuma sempet ke Malang, karena memang tujuan awal belajar, jadinya ke Malang itu karena ada gathering dan libur 5 hari, jadi 2 hari diambil trip ke Malang.

Ke Malang, kita naik angkot dulu ke terminal bus, bayar angkotnya 10 ribu, abis itu baru nyambung Bus ke Malang. Bayar nya cuma 20 ribu sampai Malang. Wkwk dan itu naik busnya berdiri tapi seru banget. Penglaman tak terlupakan. Paling nberdirinya sampai Jombang abis itu bisa duduk seadanya. Hehe, backpacker dadakan. Sekitar 3 jam, sampai di Malang, nah dimalang, kita pilih nginap di deket Batu Night Spectacular (BNS). Disana banyak banget penginapan dengan fasilitas air hangat, jadi ga usah kuatir kedinginan di Malang. Semalam 150 ribu, ada yang murah dari itu, cuma karena kita sampai disana malam, jadi pilih yang terdekat saja. Tukang ojek sekitar terminal siap mengantarkan sobat ke penginapan yang terbaik wkwkwk.

Kamar Penginapan, maaf berantakan hehe

Toilet Penginapannya

Nah Lanjut malamnya kita ke BNS, bagus, banyak lampionnya, romantis kalo pergi sama pasangan eeaa. Besoknya kita lanjut ke Batu Secret Zoo dan Eco Park, kita memilih ini karena tinggal jalan kaki ke tempat wisata, dua paketnya kena 150 ribu weekday. Dan pengalaman ini worth it banget karena harga yang dibayarkan sesuai sama yang kita nikmati. Eaa

Terus kita lanjut ke Kota Batu, Malang. Dialun alun pas sore sore banyak banget jajanan. Ada Tansu yang terkenal Pos Ketan, harganya lumayan lah untuk sebuah ketan susu, tapi lumayan enak. hehe.

Oke sekian cerita dari Pare, semoga bisa jadi referensi bagi teman teman yang akan ke Pare. Dan bagi yang mau komen atau perbaikan atau ada kritik boleh langsung saja tulis di komentarnya hehe.






Yang perlu diingat
Luruskan niat kamu sebelum kesini, apalagi yang masih minta uang ke ortu, kasihan kalian kesini cuma buat main aja. Disini kita belajar sambil bermain, bukan bermain sambil belajar. Semoga bahasa inggrisnya lebih keren lagi yaa!

Wassalam

Uttary


Komentar

Postingan Populer