"Kuliah Kerja Nyata" Catatan Akhir Kuliah Series #Intro



Assalamu'alaikum :)

Sudah lame tak jumpe. Oke, kali ini aku bakal ngeshare tentang pengalaman yang termasuk berarti dan memberikan banyak pelajaran baik itu hidup, pertemanan, percintaan dan mistis yang tergabung menjadi satu selama 40 hari dilokasi KKN. Yup, kuliah kerja nyata.

Lumayan udah lama sih, udah satu tahun aja. Sekarang periode KKN 2016 udah mau dimulai, baru kepikiran nulis beginian. Sebenarnya pengen nulis dari awal-awal malam pertama tidur ga bareng-bareng mereka lagi #yang cewe2 aja, tapi takut banyak yang masih labil, jadi sekarang aja, lumayan udah pada move on.

Ada orang sok bijak bilang, KKN itu kita bahas proker, rapat, mengabdi kepada masyarakat, menjunjung tinggi tridharma perguruan tinggi, blablabla. Ya keleus, sebulan cuma itu doang. --" Sebulan lebih hanya untuk bahas dan ngerjain begituan, ga lah.

Terutama bagi adek-adek yang sekarang mau KKN. Persiapin banget mental, jiwa dan raga kalian. Kalo ga bisa adaptasi, ngendaliin ego, disini kalian akan jadi mainan. Inget itu!

Kali ini sebelum bercerita tentang kisahku, kali ini ada sedikit tips buat yang mau KKN, atau sedikit overview mengenai KKN yang menjadi momok bagi setiap mahasiswa.


KKN memiliki tempat tersendiri disini, dihati. Berawal saat mendaftar online dulu. Rebutan tempat yang strategis, karena pada periode kami, tempat lokasi KKN, kami yang nentuin sendiri. Ga dipilihin, jadi kebayang ribetnya gimana. Sampai ngerepotin orang dari pulau seberang buat ngedaftarin karena webnya terlalu sibuk, ada yang sampai zikir, baca do'a supaya ditempatkan ditempat yang dia mau, sampai akhirnya jadi badmood sendiri karena udah keduluan orang lain. Ada yang saling bersaing sama sahabatnya karena efek cup cup tempat dan akhirnya persahabatannya jadi renggang. Kalian kira ini tempat duduk, siapa dulu dia yang dapat. Ada yang sampai nyocokin dan janjian ama pacar buat selokasi KKN, dan itu terjadi di tempat KKN kami, yaitu sebut saja Paul dan Haris. Hahaha.

Awalnya canggung sih, karena dari kesehatan masyarakat cuma aku sendiri. Tapi, di bawa fun aja. Berpikir pasti ini terbaik. Mulai kenal ada yang dominan dan minoritas. Mereka mulai kenal satu sama lain, sedangkan aku? Ga ada yang kenal kecuali si Gem, Merla. Selebihnya, tak tau siapa.

Hal yang paling menakutkan saat KKN adalah pemuda, mereka bisa menjadi dua yang berbeda. Jika kita pandai, kita akan betah dan dijaga mereka, tapi jika tidak, siap-siap diganggu setiap mau kemana-kemana. Jadi, apapun yang terjadi, Benteng dari dalam maupun luar harus kuat ya! Harus tetap ramah, tapi tetap tega, jangan malah mengundang hal-hal buruk terjadi. *tips untuk adik-adik.

Selain pemuda, yang menjadi momok saat KKN adalah cerita HORROR.
Karena biasanya, kita bakal nempatin rumah warga yang sudah lama ditinggalin pemiliknya, atau dirumah yang emang jadi tempat berkumpul warga. Jadi bisa dibayangkan, kalo malam seremnya gimana. 

Sedikit cerita tentang pengalaman salah satu senior FKM. Sebut saja kak A yang KKN disebuah daerah terpencil di Sumbar. Dia ditugaskan untuk menyebar kuesioner kewarga sekaligus wawancara. Dan kak A bertugas mewawancara salah satu nenek di desa itu. Wawancara, isi kuesioner dan foto bersama sebagai bukti. Setelah data dikumpulkan ke pada Pak Desa untuk dicek, ternyata Bapaknya ngomong "Dapat data nenek ini dari mana dek? Fyi, nenek ini udah meninggal tahun kemarin"
Jleb! Itu kayak kilat nyambar di siang bolong. Kakaknya ngaku langsung pucet dan menghapus file berbau nenek itu karena takut.

Gimana? Itu masih awal, belum daerah KKN ku yang super Horor + berteman dengan orang yang bisa interaksi ama setan. (ga cuma bisa liat doang).

Next, selain setan, yan bikin super galau adalah PERCINTAAN. Bagi yang jomblo ngenes siap-siaplah disini, karena kalo beruntung cinta akan menjemputmu. Bagi yang pacaran, siap-siap kesabaran, kesetiaan, dan ketabahan kalian diuji. Menurutku ujian saat salah satu pasangan kamu KKN adalah cobaan paling sulit. *menurut survei. Disini, yang jomblo ketemu pasangannya, yang pacaran bisa makin setia dan mesra, atau berujung kepada PUTUS, atau SELINGKUH. 

KKN butuh dana EXTRA banget. Selain mempersiapkan barang-barang selama KKN, iuran-iuran akan bikin kamu makin sakit kepala, jadi bagi yang mau KKN, mesti bilang sama ortunya siap-siapin dana dari awal semester suapaya ga kaget kalo kamu minta uang kiriman terus, bisa-bisa dompet ortu jadi jebol. Beruntunglah bagi yang punya usaha atau nerima beasiswa, jadi bisa mengurangi beban ortu.

Oke, cukup buat persiapan ekonomi dan mental. Persiapan fisik juga sangat penting. Kamu yang suka sakit, sediain obat yang cukup. Karena kalo penyait mu kambuh, ga mungkin orang gotong2 ke rumah sakit, karena jarak yang jauh. Kalian juga harus memperhatikan keadaan cuaca dan iklim tempat KKN. Apa itu dingin atau panas, daerah pegunungan atau dataran rendah. Karena akan berpengaruh kepada pakaian yang akan kalian gunakan sehari-hari. Ga mungkin kalian KKN di kaki Gunung Marapi, malah ga bawa jacket atau sweeter sama sekali. So, harus prepare banget ya guys. 

Kunci penting KKN akan menjadi hal yang terlupakan seumur hidupmu adalah...
BEST FRIEND
Pastinya kalian tidak akan bersama dengan sahabat di KKN, tapi jika kalian bersama dengan orang yang memiliki jiwa baik dan menjujung tinggi persahabatan, ini akan membuat setiap momen itu berharga. Ga peduli seasik apapun desa atau warga yang kalian tempati, jika teman sekelompok KKN saja ga asik, ga gila, tetep aja semua berlalu begitu saja dan kalian tak akan pernah saling menyapa satu sama lain lagi. Habis di 40 hari itu saja, tak ada yang bikin kalian kangen dan ngumpul asik kayak dulu lagi.

Komentar

Postingan Populer